20 Maret 2015

Kritis Memaknai Kematian




Judul Buku           : Simple Miracles (Doa dan Arwah)
Penulis                 : Ayu Utami
Penerbit               : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun Terbit        : Oktober 2014
Tebal Halaman    : 177 halaman
No. ISBN           : 13-978-979-91-0779-4

Membicarakan kematian, dimensi arwah, beserta segenap kedalamannya tak jarang membuat orang jeri. Meski maut mau tak mau akan kita hadapi nanti,  kita cenderung mengambil jarak tertentu darinya dan membiarkannya semata misteri. Akan tetapi, Ayu Utami dengan berani menuliskan hal-hal tersebut secara kritis, yang dituangkan dalam buku Simple Miracles: Doa dan Arwah.

Secara pribadi,  kisah tersebut bermula dari ketakutan Ayu Utami saat kecil yang membayangkan suatu saat Ibundanya wafat. Betapa mengerikannya hidup. Orang yang kita cintai bisa mati setiap saat. Demikian ia tuliskan. Ketakutan yang menjelma kontemplasi mengenai esensi kehidupan-kematian tersebut ia perkaya dengan riset dan pandangannya tentang keajaiban-keajaiban kecil mengenai doa dan arwah; hingga akhirnya berujung pada hal-hal spiritual.

Melalui buku yang dimaksudkan untuk mengenang 100 hari wafat Ibunda dan Bibinya itu, Ayu mengajak pembaca merenungi dan memaknai apa yang tak kasat namun ada dan membayangi kita. Buku ke-15 karya Ayu tersebut adalah seri pertama dalam spiritualisme kritis, yakni keterbukaan pada yang spiritual tanpa mengkhianati nalar kritis.

(Shelbi Asrianti)



Tidak ada komentar: