05 Juni 2009

rating n iklan, sebuah sinergi





hi, guys..
lagi2 q pengen bahas televisi...
kita semua pasti punya satu program tivi favorit...
entah reality show, sinetron, kuis, film kartun, film box office, or etc...
coba bayangin lagi asik2nya nonton, eh tiba2 kepotong iklan. Duh, rasanya sebell bgt.
apalagi kalo iklannya gak penting kayak reg spasi bla bla bla.... padahal tw gak sih kalo stasiun tivi bisa bertahan hidup dan jaya makmur gara2 ad iklan2 itu....
Kemudian jadi timbul prtanyaan, knapa para pengiklan itu mau beriklan di televisi yg harga tayang iklan per detiknya selangit?
Gak lain gak bukan y karena rating yang dikelola dan diambil oleh AGB Nielson. Jadi AGB Nielson ngasi alat khusus buat menghitung rating ke sejumlah rumah tangga di beberapa kota besar di Indonesia. Biasanya para stasiun tivi swasta beli bukti rating itu ke AGB Nielson. Buat apa? Pastinya buat ngeyakinin para pengiklan untuk mengiklankan produknya di stasiun tivi mereka.
Jadi kalo diibaratkan, rating merupakan sarana penunjang utama bagi stasiun televisi dalam memburu iklan dengan tujuan memakmurkan stasiun mereka..bwehehe.. kalo salah benerin yach..

c.u...n GBU..

sumber :
kuliahnya pak novin
http://blog.burhanshadiq.com

3 komentar:

endrip si beruang jantan mengatakan...

wah..
berarti ga' bisa protes dund klo ad iklan reg spasi, reg spasian gtu di tipi..??

yah,mw gmn lgi..
memang begitu adanya..
kadang males juga ngeliat iklan - iklan gitu..
tp klo ga' ada iklan,acara favorit jadi ga' bs tayang..
jadi peran iklan penting jg bt berlangsungnya sebuah tayangan atau prgram televisi..
huft..

arqom mengatakan...

iklan ya iklan... film ya film....
tapi aku bingung mau ngoment gimana....

akubukanananta mengatakan...

"knapa para pengiklan itu mau beriklan di televisi yg harga tayang iklan per detiknya selangit?"..

jelasnya bisnis...lah
ya gitu itu..