05 Juni 2009

video komunitas

hay, everybody.. pernah denger istilah video komunitas?

video komunitas tuh merupakan cara baru dalam komunikasi audio visual buat kita untuk berkspresi, mengemukakan aspirasi kita, dan pastinya mengkomunikasikan komunitas kita pada orang banyak, bahkan pada dunia.

Sebelumnya kita intip dulu yuk apa sih pengertiannya video n komunitas.

Berdasarkan ensiklopedia bebas Wikipedia bahasa Indonesia, kita bisa tahu gambaran definisi dari video n komunitas itu sendiri.

Kata "video" berasal dari bahasa Latin yang artinya 'saya lihat'. Kalo didefinisikan secara bebas, video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, keilmuan, produksi dan keamanan.

Sedangkan kata "komunitas" berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme
yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

Apa sih bedanya video komunitas dengan video lainnya? Perbedaannya terletak pada isinya. Video komunitas berisi tentang sebuah komunitas tertentu dan atau dibuat oleh anggota komunitas itu sendiri.

Biasanya video komunitas bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat tentang kegiatan atau perilaku sebuah komunitas. Atau bisa juga meluruskan persepsi masyarakat yang sudah terlanjur mem-blacklist komunitas tertentu. Contohnya gini nih. Kapan hari tuh kan di kelas avis saya baru liat video komunitas scooterist malang. Nah, video komunitas itu dibuat dengan tujuan khusus yaitu ngasi tau ke masyarakat bahwa scooterist atau vespa-is yang dari luar keliatan serem, gimbal, kayak preman dan berandalan ternyata adalah orang2 yang baik. Mereka juga manusia dan warga negara biasa. Mereka juga sholat n ngaji (bwt yg muslim), mereka juga berperan sebagai orang tua yg sayang ank2nya di rumah...gtuuw

Nach, temen2 yang punya komunitas....bisa coba2 bikin video komunitas amatiran bwt mengKOMUNIKASIkan komunitas kita pada dunia. Pasti seru.

C.U..n GBU..

sumber:
kuliahnya pak novin
www.ponorogozone.com
http://id.wikipedia.org


1 komentar:

ijank.promiscious mengatakan...

said..

ehmmm
suka bngett ma vidkom..

pengen banged bisa bikin..
tunggu waktuu ajj deyh..

join di blog ku jugga iiah??